Matrikulasi Program Magister Administrasi Publik TA 2020/2021

Sebanyak 14 calon mahasiswa Program Magister Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tahun Akademik 2020/2021 jalani Matrikulasi. Matrikulasi dilaksanakan selama 4 hari mulai Senin tanggal 12 s.d Kamis tanggal 15 Oktober 2020. Matrikulasi dilakukan secara online (dalam jaringan) untuk mendukung kebijakan pemerintah khususnya Gugus Tugas Covid-19 yang bertujuan untuk mencegah penularan dan pemutusan transmisi corona virus.

Meskipun dilakukan secara daring, namun peserta dan narasumber tetap fokus dan serius mengikuti sesi demi sesi dari rangkaian matrikulasi. Secara umum ada 3 materi inti matrikulasi yang diberikan oleh pengelola program Magister Administrasi Publik yaitu tentang Filsafat Ilmu, Pengantar Ilmu Administrasi dan Metodologi Penelitian Sosial. Sebagai narasumber atau instruktur dalam matrikulasi kali ini tidak hanya diisi oleh Dosen Tetap Prodi Magister Administrasi Publik saja, namun juga melibatkan tenaga pengajar maupun praktisi yang relevan dengan materi yang di sajikan.

Koordinator Program Magister Administrasi Publik berharap bahwa dengan matrikulasi yang dilaksanakan 4 hari ini dapat menyamakan persepsi calon mahasiswa khususnya yang waktu menempuh studi S-1 berbeda jurusan dengan yang akan dijalani nantinya. Disamping itu dalam matrikulasi ini pengelola menekankan arti pentingnya penulisan jurnal berbasis pada riset dalam menyelesaikan studi Program Magister. “Kami berharap agar penyamaan persepsi dan pemahaman terhadap administrasi publik ini dapat dilakukan sejak awal sebelum mahasiswa mengikuti perkuliahan. Selain itu kami juga menekankan urgensi penulisan jurnal berbasis pada riset yang akan dilakukan oleh mahasiswa MAP sebagai syarat kelulusan nantinya dapat disiapkan jauh-jauh hari melalui pembimbingan oleh tenaga pengajar yang ada”, ungkap Dr. Adji Suradji Muhammad.

Setelah tahap Matrikulasi, mahasiswa program Magister Administrasi Publik juga disyaratkan untuk mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB yang akan dilaksanakan serentak dengan Magister Ilmu Lingkungan pada hari Jumat, 16 Oktober 2020. Kegiatan ini sengaja di gabung dengan program magister lainya yang ada di UMRAH dengan harapan mahasiswa dan juga staf pengajar yang ada saat ini dapat menjalin kerjasama atau kolaborasi riset lintas program studi. Tren dunia pendidikan hari ini sudah melintasi bidang keilmuan masing-masing yang nantinya diharapkan akan memunculkan analisa yang lebih komprehensif dilihat dari berbagai bidang keilmuan. (map, 16/10/2020)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here