Dr. Rumzi Samin, S.Sos., M.Si, Staf Pengajar Program Magister Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, 30 Maret 2021

Dr. Rumzi Samin, S.Sos., M.Si, Dosen Tetap pada Program Magister Amdinistrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji di daulat memberikan Orasi Ilmiah dalam Prosesi Wisuda ke-16. Tema yang dipilih dalam Orasi Ilmiah kali ini adalah Peran UMRAH Dalam Mendorong RUU Daerah Kepulauan.

Tema ini sangat strategis mengingat kondisi geografis Kepulauan Riau yang 96% adalah laut dengan 2408 pulau besar kecil mendorong UMRAH terlibat aktif dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki. “Keberadaan UMRAH harus mampu memberikan warna dalam pembangunan daerah kepulauan”, ungkap Doktor alumni Universitas Padjadjaran ini dalam orasi ilmiahnya.

Setidaknya terdapat 5 (lima) provinsi yang secara geografis berbentuk kepulauan. Kelima provinsi tersbut adalah Provinsi Kepulauan Riau (96 persen wilayah laut), Provinsi Sulawesi Utara (95,8 persen wilayah laut), Provinsi Maluku (92,6 persen merupakan wilayah lautan), Provinsi Nusa Tenggara Timur (80,8 persen wilayah laut), dan Provinsi Bangka Belitung (79,9 persen wilayah laut). Orasi Ilmiah selengkapnya dapat unduh melalui tautan dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here