Koordinator MAP FISIP UMRAH, Dr. Adji Suradji Muhammad, S.Sos., M.Si (01 April 2021)

Koordinator Program Magister Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kembali didaulat menjadi salah satu Tim Pemeriksa Daerah Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2022. Dr. Adji atau Pak Adji (sapaan akrabnya) sebelumnya juga pernah menjadi Anggota Tim Seleksi Pemilihan Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau dan juga Tim Seleksi Calon Anggota Badan Ppengawas Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau dan beberapa Badan Pengawas Pemilu Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau.

Dengan terpilihnya Dr. Adji sebagai salah satu anggota Tim Pemeriksa Daerah maka diharapkan etika dan moral penyelenggara pemilihan umum di Kepulauan Riau dapat dikawal dan ditegakkan. Sebagaimana kita ketahui bahwa Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum sebagai lembaga pengawal etika penyelenggara pemilihan umum memiliki tugas dan fungsi menegakkan dan menjaga kode etik penyelenggara pemilu. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Pasal 159 Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Secara spesifik tugas DKPP sebagaimana Pasal 159 ada dua yaitu; a. menerima aduan dan/atau laporan dugaan adanya pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu; dan b. melakukan penyelidikan dan verifikasi, serta pemeriksaan atas aduan dan/atau laporan dugaan adanya pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu.

Suasana persiapan Pelantikan dan Pengukuhan Tim Pemeriksa Daerah se-Indonesia secara hybrid, 01 April 2021.

Pembentukan Tim Pemeriksa Daerah ini merupakan amanah dari Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dimana DKPP dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat membentuk Tim Pemeriksa Daerah. Hal ini sebagaimana bunyi pada Pasal 164 ayat (1) yang berbunyi “Dalam melaksanakan tugasnya, DKPP dapat membentuk tim pemeriksa daerah di setiap provinsi yang bersifat ad loc”.

Masing-masing masa jabatan Tim Pemeriksa Daerah itu sendiri selama 1 (satu) tahun yaitu dari tahun 2021 s.d 2022. Dr. Adji berharap bahwa komitmen dalam upaya menegakkan kode etik penyelenggara pemilu didukung oleh semua pihak khususnya penyelenggara pemilu di Kepulauan Riau dalam semua tingkatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here