Seminar Nasional “Membangun Indonesia dari Perbatsan dan Desa” Tahun 2021,03 April 2021

Program Magister Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji sukses menyelenggakan Seminar Nasional perdana. Seminar Nasional tahun 2021 mengambil tema “Membangun Indonesia dari Perbatasan dan Desa”. Tema ini dipilih mengingat bahwa selama ini daerah-daerah perbatasan dan desa kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Baru pada rezim pemerintahan dibawah Presiden Joko Widodo perbatasan mendapat perhatian “lebih” serius. Hal ini tertuang dalam salahsatu Nawa Cita Presiden tepatnya nawa cita ke-tiga “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”.

Dekan FISIP UMRAH, Dr. Oksep Adhayanto, S.H., M.H, saat memberikan sambutan dalam pembukaan Seminar Nasional.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Dr. Oksep Adhayanto, S.H., M.H. mengingatkan kepada semua pihak bahwa indonesia tidak hanya terdiri dari daratan (continental), namun juga terdiri daerah kepulauan. Oleh karena itu seminar nasional yang ditaja oleh Magister Administrasi Publik FISIP UMRAH ini adalah upaya nyata untuk menghimpun hasil-hasil riset yang berkaitan dengan pengelolaan daerah perbatasan (daratan maupun lautan).

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA saat memberikan sambutan pembukaan Seminar Nasional Perbatasan dan Desa, 03 April 2021.

Dalam kesempatan lain, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA juga menekankan pentingnya pembangunan berbasis pada karakteristik lokal. Melihat dan memandang daerah sebagai subjek adalah keniscayaan dalam era keterbukaan saat ini. Kita harus menjadikan daerah-daerah, desa-desa sebagai pelaku pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan bahkan sampai tahap evaluasi. Oleh karena itu apa yang dilakukan oleh MAP FISIP UMRAH diusia belia (belum genap satu tahun) merupakan semangat yang perlu diberikan apresiasi agar kedepanya kontribusi UMRAH dalam membangun daerah dan nasional dapat lebih dirasakan manfaatnya.

Materi-materi Seminar Nasional Perbatasan dan Desa Tahun 2021

  1. Materi BNPP
  2. Materi Kemendes
  3. Materi Gubernur Kepulauan Riau
Dr. M. Fachri, Direktur Advokasi dan Kerjasama Desa dan Perdesaan Ditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI
Dr. NURDIN, S.Sos , M.SI, ASDEP INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN KESRA BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
Dr.  H. AHMAD DOLI KURNIA TANDJUNG, S.SI., MT, KETUA KOMISI II DPR RI
Drs. H. SARDISON, M.TP, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here