Poster Pelatihan Manajemen Referensi dengan Mendeley, Minggu 11 April 2021

Mahasiswa Pascasarjana MAP FISIP UMRAH angkatan ke-2 TA 2020/2021 selenggarakan pelatihan manajemen referensi menggunakan aplikasi Mendeley pada Minggu 11 April 2021. Adapun narasumber dalam pelatihan ini adalah Wayu Eko Yudiatmaja yang merupakan dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UMRAH yang saat ini sedang menempuh pendidikan doktoral di Universitas Indonesia. Sebagai moderator sekaligus penggagas acara adalah Hendri Safutra, mahasiswa Pascasarjana Magister Administrasi Publik UMRAH Angkatan ke-2.

Pelaksanaan Pelatihan Virtual dengan media Zoom

Hendri (sapaan akrabnya) mengatakan bahwa penyusunan Referensi merupakan alat bantu Mendeley membantu melakukan pencarian, menyimpan, dan penulisan daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah. Melalui aplikasi Mendeley, penulis akan mudah mencari literatur yang relevan, penyimpanan referensi dan informasi bibliografi pada database serta membantu penulisan sitasi dan referensi. Oleh karena itu bagi mahasiswa yang dituntut untuk menyelesaikan studi dengan tugas akhir berupa skripsi, tesis maupun disertasi tentunya sangat memerlukan penguasaan penggunaan manajemen referensi berbasis aplikasi. Mendeley merupakan salahsatu aplikasi yang mudah dikuasai dan digunakan baik dengan bantuan Internet maupun dengan offline. Dengan demikian pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa mampu menggunakan aplikasi Mendeley dengan baik sesuai kebutuhannya.

Hendri Safutra, Inisiator sekaligus moderator acara.

Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan media Zoom daring yang di ikuti oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai instansi dan juga Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, diantaranya ada dari Sastra Indonesia FIB Unkhair Ternate, Universitas Gresik, STKIP PGRI Padang, Universitas Riau, Universitas Negeri Gorontalo, UIN Sutha Jambi, Universitas DIPA Makasar, Unitomo Surabaya, STIKOM Muhammadiyah Batam, UTA 45 Jakarta, Universitas Bosowa Makassar, Mahasiswa Pascsarjana MAP Umrah dan mahasiswa kampus lainya.

Narasumber utama, Wayu Eko Yudiatmaja menjelaskan mengapa perlu pelatihan Manajemen referensi? Supaya dalam penulisan ilmiah penulis dapat dengan mudah menyesuaikan sesuai format atau mazhab atau style. Konsisten dan menghindari referensi yang tidak dikutip serta menghindari plagiasi adalah manfaat utama dari aplikasi ini. Mendeley merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk membuat sitasi (bodynote dan daftar pustaka) secara otomatis. Mendeley juga dapat membantu membuat perpustakaan digital pribadi yang bisa diakses secara online, dengan kapasitas penyimpanan maksimal 2GB.

Selain menjelaskan tentang materi terkait dengan panggunaan Mendeley, Wahyu (sapaan akrabnya) bahwa selama proses pelatihan peserta akan dibimbing dan sekaligus praktek langsung dengan PC/ laptop masing-masing setelah mengunduh aplikasi Mendeley. (Hen, 11 April 2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here